Posted by : Unknown Jumat, 07 November 2014

-Kanalbrücke Magdeburg-


Pernahkah Anda melihat sungai yang terletak di atas sungai lainnya? Pemandangan tersebut bisa ditemukan di Magdeburg Jerman. Sungai yang tinggi tersebut berfungsi sebagai jembatan yang kerap dilalui kapal-kapal besar. Keunikan tersebut berpadu sempurna dengan keindahan alam sekitar sehingga menarik banyak minat wisatawan.
Kanalbrücke Magdeburg merupakan jembatan air yang melintas di atas Sungai Elbe, kota Magdeburg. Gagasan jembatan unik ini sebetulnya sudah tercetus sejak tahun 1919 dan rancangannya dibuat pada tahun 1939. Namun meletusnya Perang Dunia II dan Perang Dingin, membuat pembuatan Magdeburg Waterbridge menjadi tertunda. Baru setelah reunifikasi Jerman, pembangunan jembatan air itu kembali di prioritaskan. Konstruksinya dimulai pada tahun 1997 dan selesai di tahun 2003 dengan memakan biaya sebesar €501.000.000. Kokohnya jembatan itu terdiri dari 24.000 ton baja dan 68.000 meter kubik beton.
Kanalbrücke Magdeburg merentang sepanjang 918 meter di atas Sungai Elbe, ketinggiannya mencapai 690 meter dari atas tanah, 228 meter di atas permukaan air, dengan lebar 34 meter, serta kedalaman air mencapai lebih dari 4 meter. Catatan tersebut menunjukan jembatan tersebut sebagai jembatan air terbesar di Eropa. Magdeburg Water Bridge ini menghubungkan pelabuhan di timur dan barat Jerman. Ratusan kapal kargo besar melewati jembatan ini mulai dari kanal Elbe-Havel hingga kanal Mittelland. Kapal-kapal tersebut menjadi sangat terbantu karena tidak harus melalui rute berputar sepanjang 12 kilometer milik Sungai Elbe. Uniknya lagi di kanan kiri dari area air pada jembatan, dibuat jalur khusus untuk pejalan kaki dan sepeda. Sepanjang jalur water bridgedisuguhi pemandangan ruang terbuka hijau khas tepian sungai. Sehingga
www.cntraveler.com
tak mengherankan banyak pelancong yang ingin menyaksikan langsung dengan mata kepalanya sendiri sebuah jembatan air melintasi sungai. Tak jarang barisan kapal besar lewat dihadapan mereka. Kapal tersebut juga beratnya berton-ton namun kosntruksi kokoh Kanalbrücke Magdeburg mampu menahan beban tersebut.
Untuk merasakan pengalaman tersebut Anda bisa mengikuti tur Wasserstraβenkreuzfahrt seharga €24,50 selama 4 jam menggunakan perahu. Tur tersebut diadakan Magdeburger Weisse Flöte dan jadwal keberangkatannya dapat langsung di cek via online. Alternatif lain adalah dengan menggunakan kereta S10 menuju Barleber See, kemudian lanjutkan dengan bus 604 dan turun di pemberhentian Magdeburg/Hebewerk

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

©2014 Andhira Dwi Meliana All Right Reservied . Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © ANDHIRA DWI MELIANA -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -