Posted by : Unknown Selasa, 17 Maret 2015

www.justjamminart.blogspot.com
Saat bertandang ke Berlin, jangan lupa untuk berfoto di Glienicke Brücke. Penampakannya mungkin tak seindah jembatan terkenal lain di Jerman seperti Hohenzollern Brücke di Köln atau Altebrücke di Heidelberg. Jembatan yang menghubungkan Berlin dan Potsdam ini adalah salah satu monumen sejarah penting di Jerman.
www.yovisto.blogspot.com
Cikal bakal Glienicke Brücke berasal dari sebuah jembatan kayu yang dibangun sekitar tahun 1660. Setelah Perang Tiga Puluh Tahun (1616 – 1648) berakhir, seluruh akses perdagangan menuju daerah di seberang Sungai Havel terputus sehingga membuatnya menjadi terisolir. Kemudian Putera Mahkota Friedrich Wilhelm menemukan dan membangun daerah baru bernama Potsdam lengkap dengan pembangunan jembatan. Sesuai dengan perubahan zaman dan meningkatnya populasi membuat jembatan kayu tersebut direnovasi berulang kali. Hingga saat masuk era industrialisasi bahan kayu pun mulai digantikan dengan material besi dan baja. Desainnya dibuat oleh Karl Friedrich Schinkel, namun rancangannya tersebut tak mampu bertahan lama karena semakin ramainya kendaraan yang melaluinya. Hingga tahun 1904 pemerintah Prussia memutuskan Johann Caspar Harkort sebagai pemenang desain jembatan baru. Tahun 1907 diresmikanlah Glienicke Brücke yang bertahan hingga saat ini.
www.joepwritesthehistoryofberlin.wordpress.com
Jembatan Glienicke memanjang di atas Sungai Havel yang menyempit ke arah danau Tiefernsee. Pagar besi yang melengkung di kanan kiri sebagai penahan angin itu menjadi saksi dimana waktu pun mengeras di sana. Tentara Amerika berlalu lalang di tempat itu sebagai jalur penghubung Berlin dan jaringan militernya di bagian timur, yaitu Potsdam. Namun begitu Perang Dingin mencuat, jembatan menjadi terlarang baik untuk warga Berlin Barat dan Jerman Barat, maupun Berlin serta Jerman Timur. Kemudian Glienicke terkenal dengan julukan sebagai bridge of spies. Hal tersebut karena pada masa kelam Jerman pasca Perang Dunia II, pihak Sekutu dan Uni Soviet kerap melakukan pertemuan di sana guna menukar tawanan. Sebanyak 27 agen rahasia dibebaskan. Mereka adalah empat agen rahasia dari Eropa Timur yang dipenjarakan pihak barat dan 23 mata-mata Amerika Serikat yang ditahan Uni Soviet. Peristiwa bersejarah tersebut melambungkan nama Glienicke Brücke dan menjadi daya tarik bagi wisatawan pecinta sejarah.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

©2014 Andhira Dwi Meliana All Right Reservied . Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © ANDHIRA DWI MELIANA -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -