www.sfakia-crete.com.festivl
Belum lengkap rasanya jika Anda melancong ke Yunani tanpa belajar tarian rakyat pentozali. Pentozali merupakan tari tradisional yang menjadi trademark Pulau Kreta (Crete). Seperti namanya “penta” atau lima, dasar gerakan tari ini adalah gerakan ritmis lima langkah yang diakhiri dengan lompatan cepat atau “zalos”, yang dalam bahasa Yunani berarti “lompat”.
www.zarpa.gr.festival
Atau jika diterjemahkan secara bebas, pentozali berarti “lima lompatan”. Jadi, ketika menarikannya, Anda akan akan melakukan langkah ritmis dengan hitungan lima kali dan melompat, terus berulang hingga musik pengiring selesai dimainkan.
Arti lainnya diambil dari kata “zali” atau pusing. Karena gerakan melompat diulang-ulang, menarikan pentozali dijamin akan membuat Anda pusing! Menarik bukan?
Pentozali sebenarnya merupakan tarian perang dengan banyak gerakan melompat dimana si penari bisa melakukan banyak improvisasi gerakan. Dilakukan oleh beberapa orang atau secara berkelompok, dengan saling menautkan tangan di bahu, dan membentuk barisan menyamping atau setengah lingkaran, yang nanti akan pelan-pelan akan berputar melawan arah jarum jam.
Penari pertama biasanya “diberi tugas” melakukan gerakan improvisasi semacam gerakan akrobatik (melompat) tanpa melepaskan pegangan dengan penari kedua.
Meski merupakan tarian perang, namun pentozali juga umum dibawakan oleh kaum perempuan. Dengan rok mengembang, terlihat unik saat mereka melakukan gerakan memutar. Nah, musik khusus yang mengiringi tarian ini dibawakan oleh musisi tradisional yang memainkan instrumen petik, semacam gitar namun berbentuk seperti buah pir bersanding dengan lute. Irama yang dimainkan biasanya tidak melodius melainkan model perkusi yang menghadirkan suasana rancak.
www.10best.com.festivl
Lalu dimana Anda bisa belajar pentozali? Datanglah ke Heraklion antara bulan Juli hingga September, saatnya digelar Heraklion Art Festival.
Agenda tahunan ini berlangsung dari 1 Juli hingga pertengahan September. Banyak acara kesenian dan budaya yang bisa Anda ikuti dan saksikan di festival ini, mulai dari pameran, seminar budaya, pertunjukan musik termasuk kursus singkat menari pentozali ada di festival ini.