www.panoramio.com.heraklion2

Jika Anda suka berwisata ke kota modern, Heraklion adalah kota yang harus Anda kunjungi saat melancong ke Yunani. Kota ini merupakan pusat dari Prefektur Heraklion, satu di antara empat prefektur yang ada di Pulau Kreta (Crete).
www.panoramio.com.heraklion1

Seperti sebagian besar wilayah lain di Yunani, Heraklion juga pernah dijajah oleh beberapa bangsa yang berbeda. Itulah sebabnya, meski merupakan kota modern, Heraklion menyimpan banyak peninggalan sejarah dari berbagai era. Prefektur Heraklion sendiri terdiri atas tujuh provinsi dengan wilayah yang terdiri atas banyak gunung dan perbukitan yang subur.
Menurut sejarahnya, kota terpenting semasa periode Minoan dan Mycenean di Heraklion adalah Knossos, baik secara ekonomi maupun budaya. Banyak peninggalan dari masa Archaic, Klasik, hingga Helenik bisa dijumpai di Heraklion. Kota modern Heraklion yang ada saat ini sudah berdiri sejak Zaman Neolitikum. Di kala itu, situs ini menjadi pelabuhan Knossos.
Banyak Penguasa
Wilayah ini pernah dikuasai oleh Bangsa Bizantium dan Venesia. Saat bangsa Venesia dari Italia berkuasa, pada 1462, mereka mengelilingi kota dengan tembok berukuran sangat besar, sepanjang 4 kilometer. Periode itu merupakan periode kemakmuran bagi kota, ditandai dengan dibangunnya banyak karya arsitektur, juga berkembangnya literatur dan seni.
www.panoramio.com.heraklion4

Pada 1669, setelah pengepungan selama 21 tahun, yang terlama dalam sejarah, kota tersebut akhirnya jatuh ke tangan penguasa Turki. Aneksasi Bangsa Turki ini mendapat perlawanan dari penduduk asli Kreta, dengan munculnya gerilyawan dan pergerakan revolusi. Menghadapi reaksi ini, Turki bertindak keras dan beberapa kali berujung aksi pembantaian warga setempat (pada 1828 dan 1898). Kota itu pun jatuh ke masa kegelapan dan perbudakan.
Pada 1913, Heraklion dan seluruh bagian Kreta bergabung dengan Yunani, negara yang baru dibentuk, dan berkembang pesat. Heraklion menjadi kota terbesar keempat di Yunani dan menjadi pusat kegiatan administrasi, komersial, industri dan pertanian di Pulau Kreta.
Untuk sampai ke Heraklion, Anda bisa menumpang pesawat dari Athena menuju Bandara Nikos Kazantzakis di Heraklion. Dari bandara Anda bisa naik bus dengan jadwal keberangkatan tiap 15 menit, antara pukul 6 pagi hingga pukul 1 dini hari, menuju pusat kota.