www.commons.wikimedia.org
Jalan-jalan di taman urban Tiergarten, Berlin, bukan tak mungkin menemukan pintu gerbang yang dijaga oleh dua patung gajah. Itulah Zoologischer Garten, kebun binatang Berlin yang tak pernah sepi pengunjung. Kebun binatang kebanggaan warga Berlin itu mampu menyedot perhatian 3 juta pengunjung setiap tahunnya.
www.usrepresented.com
Sudah seratus tujuh puluh tahun kebun binatang Berlin membuka gerbangnya untuk khalayak ramai. Usianya itu mencatatkan rekor sebagai kebun binatang tertua di Jerman. Selain itu angka 3 juta pengunjung per tahun juga membuat Zoologischer Garten dilabeli sebagai kebun binatang terpopuler seantero benua biru. Pengunjung yang datang tak hanya warga Berlin, namun berasal dari seluruh pelosok negeri di dunia. Zoologischer Garten Berlin dibuka pertama kali tahun 1844 dan merupakan kebun binatang pertama di Jerman kala itu. Kebun binatang tersebut didirikan atas kerja sama ilmuwan Alexander von Humboldt dan penjelajah Afrika Lichtenstein Martin Hinrich, sedangkan rancangan bangunan dibuat oleh arsitek pertamanan Peter Joseph Lenné. Rombongan hewan pertama yang menempati Zoologischer Garten merupakan milik Raja Prussia Friedrich Wilhelm IV. Tahun 1913 didirikan pula akuarium di sana. Kebun binatang Berlin hancur total akibat Perang Dunia II dan hanya menyisakan 91 dari total 3.700 binatang.
Selama kurun waktu 170 tahun itu, lahan Zoologischer Garten beserta fasilitasnya terus dikembangkan. Lahannya yang memiliki luas 34 hektar menjadi tempat tinggal 20.500 binatang dari 1.500 spesies. Koleksi tersebut diantaranya mencakup binatang-binatang predator, nokturnal, dan rumah burung terbesar di Eropa. Panda adalah hewan yang paling banyak penggemarnya di kebun binatang ini. Di bangunan akuarium yang dapat Anda kunjungi
www.giantpandazoo.com
terpisah, memamerkan ragam biota laut seperti hiu, piranha, dan ikan-ikan penghuni terumbu karang. Waktu pemberian makan adalah atraksi yang paling diminati para pengunjung, karena pada saat itulah pengunjung bisa ikut mencoba untuk menyuapi binatang yang mereka sukai.