52-1
Tiga museum seni terbaik Jerman berkelompok di utara kota tua Munich. Museum tiga bersaudara ini saling bertetangga dan masing-masing menampilkan karya seni dari zaman berbeda.
52-2Ketiga museum itu adalah alte Pinakothek, neue Pinakothek, dan Pinakothek der Moderne. Ketiganya terletak di Barer Strasse, sedangkan yang umurnya paling tua adalah alte Pinakothek (Pinakothek tua). Alte Pinakothek dibangun atas perintah Raja Bavaria Ludwig I dan dibuka pada tahun 1836. Fitur menarik dari galeri ini adalah pencahayaan ruangan berasal dari atap bangunan yang tembus cahaya sehingga memberi efek dramatis. Sesuai dengan namanya, alte Pinakothek memajang lukisan-lukisan dari abad pertengahan hingga penghujung zaman rokoko. Alte Pinakothek adalah rumah bagi para penikmat karya seni abad pertengahan dari Italia, Jerman, Belanda, serta Flemish paintings. Mahakarya Leonardo da Vinci termasuk yang dipamerkan di alte Pinakothek.
Jika alte Pinakothek menampilkan seni abad pertengahan, maka Neue (baca: noi-eu) Pinakothek atau Pinakothek baru adalah rumah bagi 400 lukisan dan patung abad ke-19. Koleksi utama galeri ini adalah karya-karya seni dari seniman Jerman abad ke-19, termasuk lukisan-lukisan romantis Caspar David. Pengunjung juga bisa menikmati karya impresionis Monet, Degas, dan Renoir. Seperti alte Pinakothek, Neue Pinakothek juga dibangun oleh Raja Bavaria Ludwig I pada tahun 1853.
Si ‘bungsu’, Pinakothek der Moderne (Pinakothek Modern), terlahir tahun 2002 dan merupakan galeri seni modern terbesar di Jerman. Si bungsu melepaskan diri dari kekakuan karya seni lama. Dalam satu atap pengunjung dapat menikmati 4 galeri seni dari cabang berbeda, yaitu seni grafis, seni arsitektur, 52-3seni desain, dan seni modern. Pinakothek Modern menyuguhkan pameran seni yang unik, abstrak, tapi indah, bahkan beberapa diantaranya membuat Pengunjung mengerutkan kening atau menggaruk kepala. Museum ini juga memamerkan karya-karya Picasso, Magritte, Kadinsky, Francis Bacon, dan Andy Warhol.