www.hauraton.com
Alun-alun adalah salah satu lokasi paling seru untuk bersantai menikmati suasana kota. Di pusat kota Dresden, Neumarkt mungkin alun-alun paling populer. Secara bertahap tempat tersebut direnovasi dengan tetap mempertahankan gaya baroknya. Tujuan pembangunan tersebut adalah untuk menciptakan suasana bersejarah.
www.fotocommunity.de
Kawasan Neumarkt baru menjadi bagian dari Dresden pada tahun 1548. Hal tersebut karena Neumarkt berada di luar benteng, dan perluasan kota baru terjadi pada tahun 1530. Pedahal pada waktu itu desa-desa kecil sudah berdiri di Neumarkt, karena lokasi tersebut merupakan salah satu area dengan kontur tanah berbukit sehingga lebih tinggi dari Sungai Elbe yang rawan banjir. Pembangunan Neumarkt berlangsung pada era Renaissance dan ditandai dengan berdirinya rumah-rumah beratap runcing. Konstruksi di sekitar Neumarkt terus berlangsung hingga awal periode barok. Saat itu Neumarkt nampak sudah lebih “matang” dan menjelma menjadi sebuah karya seni indah. Perang Tujuh Tahun yang berlangsung dari 1756 – 1763 membuat rusak Neumarkt, yang kemudian dibangun ulang pasca perang. Kharisma dan pesona dari alun-alun anyar tersebut semakin kuat dengan dibangunnya Frauenkirche oleh George Bähr. Gereja tersebut kemudian menjadi ikon dan simbol kecantikan Neumarkt hingga saat ini.
www.fotocommunity.de
Tahun demi tahun perubahan Neumarkt bisa dibilang sangat minim. Ia abadi menjadi saksi dari beragam peristiwa konflik politik, mulai dari pertempuran revolusioner pada bulan Mei 1849, serangan destruktif menjelang akhir Perang Dunia II yang menghancurkan Frauenkirche, hingga kependudukan komunis di Jerman. Rampung rekonstruksi Frauenkirche pada tahun 2005 memberikan nafas kehidupan baru bagi Neumarkt. Sejak saat itu banyak bangunan bersejarah direnovasi dan pemugaran gedung-gedung tua disekitarnya. Rona kota tua masih kuat terasa di Neumarkt, berbaur mesra dengan kehidupan modern. Dalam balutan tersebut, alun-alun populer Dresden ini menjadi tempat rekreasi favorit. Di sekitarnya terdapat banyak pusat perbelanjaan serta restoran, bar, dan café yang menawarkan area outdoor. Tempat tepat menyeruput secangkir kopi atau segelas bir sembari menikmati suasana klasik tapi kekinian.