Posted by : Unknown Rabu, 18 Maret 2015

Berkeliling Piazza della Signoria, Alun-alun Bersejarah Masyarakat Florence

piazza della signori
Menikmati suasana meriah di pusat keramaian masyarakat kota Florence tentunya menjadi aktivitas yang sayang untuk dilewatkan ketika berada di kota ini. Salah satu pusat keramaian yang wajib Anda kunjungi adalah Piazza della Signoria. Alun-alun yang diciptakan pada abad ke-13 ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan karena letaknya yang berdekatan dengan Palazzo Vecchio dan Istana Uffizi. Di sepanjang jalur pejalan kaki, banyak dijumpai kedai dan kafe yang menyajikan kudapan-kudapan khas Italia sebagai tempat melepas lelah setelah mengelilingi piazza dengan koleksi patung-patung Romawi ini.
Sejarah terbentuknya piazza ini dimulai sejak abad ke 13. Ketika itu daerah tersebut masih dimiliki oleh keluarga yang paling berkuasa di kota Florence, Uberti. Keluarga Uberti merupakan pendukung faksi pro kekaisaran, Ghibellines. Sementara rival mereka, keluarga Buondelmonti merupakan pendukung faksi pro paus, Guelph.
piazza della signoria
Kedua belah pihak terus memperebutkan kekuasaan selama berabad-abad, dan Ghibellines berhasil memperoleh kemenangan pada saat itu. Namun pada tahun 1266, tentara kekaisaran mengalami kekalahan dalam Perang Benevento sehingga para pendukung Guelph mengusir keluarga Uberti dan semua menghancurkan semua barang-barang milik mereka.
Setelah lebih dari satu dekade dibiarkan menjadi lapangan terbuka yang tidak terpakai, akhirnya diputuskan untuk melakukan pembangunan gedung baru dewan kota di tempat tersebut pada awal abad ke 13. Setelah pembangunan selesai pada tahun 1322, berdiri kokoh Palazzo Popolo (Istana Rakyat) yang kemudian berganti nama menjadi Palazzo Vecchio (Old Palace) hingga saat ini
Piazza della Signoria memiliki beberapa koleksi patung yang menghiasi sisi alun-alun ini. Salah satu patung yang paling terkenal adalah patung Michelangelo David, yang dianggap sebagai karya terbaik era renaissance. Patung ini dibuat pada 1504 dan ditempatkan di depan Palazzo Vecchio. Namun pada tahun 1873, patung itu digantikan oleh replika dan patung Michelangelo David asli dipindahkan ke Galleria dell’Accademia.
Piazza della Signoria Firenze
Berkeliling ke sisi lain piazza ini, maka akan kita jumpai patung Neptune Fountain yang dibangun pata tahun 1563 hingga 1575 sebagai wujud perlambangan kekuatan angkatan laut Florence. Patung di atas air mancur kecil rancangan Bartolomeo Ammannati ini menggambarkan dewa laut Romawi yang sedang dikelilingi oleh peri-peri. Terdapat pula patung berkuda Cosimo I de’ Medici, yang diciptakan oleh Giambologna atas perintah anak dari Cosimo I de’ Medici, Ferdinando. Patung tersebut diletakan di Piazza della Signoria tahun 1594. Patung yang juga banyak dikagumi keindahannya oleh pengunjung piazza ini adalah The Marzocco. Patung berbentuk singa yang diukir oleh Donatello pada tahun 1418 hingga 1420 dan diletakan di Piazza della Signoria pada tahun 1812. Patung Marzocco di piazza ini adalah replika dari patung asli yang terdapat di Bargello .

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Blog Archive

Popular Post

©2014 Andhira Dwi Meliana All Right Reservied . Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © ANDHIRA DWI MELIANA -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -