Posted by : Unknown Rabu, 18 Maret 2015

Stadio Olimpico, Panggung Duel Sengit Derby Della Capitalle

derby_roma_lazioceuropacalciodotit
Bagi para penggemar sepak bola, Roma telah lama dikenal sebagai salah satu kiblat kekuatan sepak bola di Italia. Wilayah Ibukota memiliki 2 klub besar bernama AS Roma dan SS Lazio dengan segudang prestasi yang telah mereka raih hingga saat ini. Walaupun berasal dari wilayah yang sama, namun persaingan diantara kedua tim ini sanga tsengit. Uniknya ditengah persaingan tersebut, justru dua klub ini menggunakan stadion yang sama untuk menggelar pertandingan mereka yaitu Stadio Olimpico. Olimpico menjadi saksi bisu dari duel keduanya untuk mempertahankan kebanggaan dan gengsi yang dikenal dengan nama Derby Della Capitalle.
Stadio Olimpico awalnya dibangun sebagai fasilitas olahraga Foro Italia yang merupakan sebuah proyek yang diprakarsai oleh rezim Mussolini. Konstruksi pertama stadion dikerjakan pada tahun 1928 dan selesai pada tahun 1932. Konstruksi kedua sempat dihentikan karena pecahnya Perang Dunia II, kemudian dilanjutkan pada bulan Desember 1950. Stadio Olimpico resmi dibuka pada 17 Mei 1953 dengan menggelar pertandingan antara tim nasional Italia melawan Hungaria. Stadio Olimpico menjadi stadion utama pada Olimpiade 1960 dan juga menjadi tuan rumah pada perhelatan PialaEropa 1968.
olimpico roma
Stadio Olimpico mengalami perubahan besar ketika Italia ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia pada tahun 1990. Renovasi besar-besaran dengan melakukan redesain stadion dan pemasangan atap pun dilakukan. Perubahan tersebut menambah kapasitas stadion menjadi 74.000 kursi. Stadio Olimpico juga mengalami perbaikan terakhir pada tahun 2007 untuk tetap memenuhi syarat menjadi tuan rumah penyelenggaraan laga final Liga Champions. Masalah yang dialami oleh pihak pengelola stadion ini adalah pemeliharaan yang sangat mahal karena stadion terlalu sering digunakan oleh 2 klub sekaligus. Pada pertengahan 2000, Lazio berencana untuk pindah ke stadion baru, tetapi hingga sekarang rencana tersebut belum terwujud. Rencana lain dating dari pihak Roma yang berkeinginan untuk membangun stadion baru di daerah Tor di Valle. Rencananya stadion ini akan dibangun dengan kapasitas 55.000 hingga 60.000 kursi dan diharapkan siap dipakai untuk awal musim 2016-2017.
Jika ingin menyaksikan pertandingan di Stadio Olimpico, Anda terlebih dahulu harus memilih untuk pertandingan AS Roma atau SS Lazio. Tiket untuk pertandingan AS Roma dapat dibeli secara online via Listicket atau langsung di Piazza Colonna 360 dan Via Appia 130. Selain itu tiket tersedia juga di ForoItalico Ticket Office di dekat Stadio Olimpico. Pada hari pertandingan, tiket bias dibeli di kantor tiket Foro Italico hingga kickoff berlangsung. Tiket untuk AS Roma biasanya jarang terjual hingga habis sehingga Anda mudah untuk mendapatkannya. AS Roma telah membagi harga tiket mereka menjadi dua kategori yaitu kategori A dan B. Tiket untuk pertandingan kategori B harganya berkisar dari €20.00 untuk kursi di Curva Nord dan €95.00 untukkursi di tribun utama. Tiket untuk pertandingan kategori A lebih mahal dengan harga antara €30.00 hingga €100.00.
Sementara tiket untuk pertandingan SS Lazio dapat Anda beli secara online via Listicket atau secara langsung di salah satu toko Lazio Style 1900 dan titik penjualan Lotto matica. Tiket juga dapat dibeli secara langsung di toko Via Guglielmo Calderini 66/C di dekat Stadio Olimpico. Toko tersebut hanya buka pada saat hari pertandingan.Sama seperti Roma, tiket untukpertandingan Lazio jarang terjual habis sehingga mudah untuk didapatkan. Harga tiket tergantung pada siap alawan yang akan dihadapi, biasanya berkisar dari €16.00 untuk kursi di CurvaSud dan €120.00 untuk kursi di tribun utama.Kursi selain di tempat tersebut berkisar antara €35.00 hingga €70.00.
OlimpicoRoma
Sayangnya, Stadio Olimpico tidak menggelar tur berkeliling stadion. Artiya, jika tidak ada jadwal pertandingan, kita hanya dapat melihat stadion dari luar atau berjalan di komplek ssekitar Stadio Olimpico. Kompleks di sekitar stadion dinamakan Foro Italico, daerah perkotaan di tepi sungai dengan lingkungan yang khas. Di sini Anda dapat mencoba berbagai makanan dan minuman khas Italia seperti espresso, gelato dan pizza. Stadio Olimpico terletak di bagian utara Kota Roma dan berjaraksekitar 4 kilometer sebelah utara dari Vatikan. Jika ingin mencapai stadion ini dengan menggunakan mobil, kita dapat mengikuti ringroad dan kemudian mengambil jalan keluar N5 menuju Flaminia. Dari sana Anda cukup mengikuti tanda-tanda Foro Italico. Jika menggunakan bus, kita dapat menggunakan bus 32 dari Vatikan di pemberhentian Ottaviano. Kemudian naik bus ke arah Tor di Quinto dan turun di halte Stadio Tennis.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Blog Archive

Popular Post

©2014 Andhira Dwi Meliana All Right Reservied . Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © ANDHIRA DWI MELIANA -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -