frompariswithlove-becky.blogspot.com

Selain dikenal sebagai salah satu kota romantis di dunia, Paris juga menawarkan aneka destinasi wisata unik nan menarik, salah satunya adalah museum wine yang dikenal dengan sebutan Musee du Vin. Salah satu museum kenamaan Paris yang terletak di Arondissemen ke-16 ini dapat dijadikan referensi untuk mempelajari seluk beluk tentang wine Perancis. Di sini Anda dapat melihat aneka peralatan yang digunakan untuk memproduksi wine pada abad pertengahan. Terletak di area sebuah tambang tua, bangunan ini merupakan tempat untuk memproduksi wine yang sangat populer. Kala itu, tempat ini digunakan untuk mengolah hasil panen anggur dari lereng bukit Seine.
Sejak tahun 1984, museum wine terkenal ini dimiliki oleh The Conseil des Echansons de France. Di sini Anda dapat melihat lebih dari 2000 koleksi peralatan yang digunakan untuk mengolah anggur menjadi wine. Satu hal yang menjadikan tempat ini menarik adalah adanya kegiatan icip-icip wine alias wine tasting. Tak hanya memiliki aneka koleksi terkait wine, di tempat ini juga terdapat beberapa koleksi sejarah seperti sejarah Napoleon, Pasteur atau Balzac.
Di pintu masuk museum wine ini Anda sudah akan melihat keunikan yang akan dihadirkan pada salah satu ikon wisata Paris yang populer ini. Di berbagai ruangannya yang berbentuk menyerupai kubah, Anda akan dimanjakan dengan berbagai koleksi kuno seperti botol-botol bekas, tong penyimpan anggur dan berbagai peralatan lain yang digunakan dalam pembuatan wine. Peralatan yang besar ditempatkan di beberapa sudut kamar, sedang aneka benda unik lainnya disimpan dalam almari kaca.
Dengan begitu banyak koleksi yang dimiliki salah satu museum unik Paris ini Anda akan menikmati suasana layaknya pameran pada sebuah perusahaan pembuatan wine. Di tempat ini juga terpajang aneka foto lama, artikel hingga drinking songs yang tak akan Anda temui di tempat lain. Tak hanya itu, di ujung museum wine ini Anda dapat melihat aneka patung berbentuk manusia yang seolah-olah sedang beraktivitas dalam mengolah anggur menjadi wine. Aneka patung tersebut terbuat dari lilin dan diberi pakaian layaknya manusia pada umumnya.
 www.tripadvisor.com

Berlokasi di 5/7 Square Charles Dickens, Rue des Eaux 75016, Paris, museum ini berdekatan dengan berbagai destinasi Paris lainnya, seperti Trocadero dan Menara Eiffel. Museum ini dapat diakses dengan beberapa moda transportasi yang tersedia di Paris. Jika memilih menggunakan bus, maka Anda perlu bus bernomor 72. Tempat ini juga berdekat dengan Stasiun Metro yang disebut dengan Passy di line 6. Jika Anda lebih menyukai bepergian dengan RER, maka stasiun terdekatnya adalah jalur C yang disebut Champs de Mars-Tour-Eiffel.
Salah satu museum bernuansa kuno ini dibuka dari hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 10.00 dan ditutup pukul 18.00. seperti berbagai museum yang terdapat di Paris, museum ini ditutup pada hari Senin, hari libur Perancis serta pada tanggal 25 Desember hingga 2 Januari. Berbagai informasi terkini terkait museum ini dapat Anda lihat di sini. Di tahun 2012, biaya masuk museum dibanderol dengan tarif 12 Euro. Pengunjung juga dapat menikmati segelas wine atau jus anggur bagi yang berusia di bawah 18 tahun.