www.panoramio.com
Sungai Rhein yang membelah Köln (Cologne) di Jerman, membuat kota markas FC Köln itu membangun jembatan untuk menghubungkan sisi barat dan timur. Dari tujuh jembatan yang dimiliki, Hohenzollernbrücke adalah yang paling terkenal.
www.address-the-world.blogspot.com
Bersama sungai Rhein dan katedral raksasa, Kölner Dom, Hohenzollernbrücke menjadi ikon pariwisata kota Cologne. Letak ketiganya pun saling berdekatan, sehingga menjadi one stop destination of Cologne. Jembatan Hohenzollern ini juga merupakan jembatan tertua di sana yang pembangunannya dilakukan sekitar tahun 1907 – 1911. Sebelumnya tahun 1822 dibangun jembatan semi permanen yang terlentang di atas jajaran perahu tongkang. Baru 33 tahun kemudian konstruksi penyeberangan permanen pertama dibangun dan bernama Dombrücke. Memasuki abad 20 jembatan tersebut terlalu kecil untuk menampung beban lalu lintas yang semakin meningkat. Dombrücke dihancurkan dan kemudian digantikan oleh Hohenzollerbrücke, sebuah jembatan yang lebih besar serta kokoh. Nama Hohenzollernbrücke sendiri berasal dari dinasti Hohenzollern yang sempat memerintah wilayah Brandenburg, Prussia, Jerman, dan Rumania.

www.holidaycheck.de

Pada awal pembangunannya, jembatan Hohenzollern memiliki empat rel kereta api dan dua jalur jalan raya. Sekitar tahun 1985 – 1988, jembatan tersebut direnovasi. Hasilnya jalanan menjadi lebih lebar, lajur kereta pun bertambah menjadi enam rel, serta dibangunnya jalan khusus pejalan kaki. Letaknya yang berdekatan dengan stasiun kereta membuat fasilitas penyeberangan ini dilalui sekitar 1200 kereta setiap harinya. Meskipun getarannya cukup terasa, tidak mengurungkan masyarakat untuk berjalan kaki memlalui Hohenzollenbrücke dan menikmati pemandangan Cologne. Bahkan saat berjalan di sepanjang ikon kota Köln ini, kita dapat melihat ribuan gembok yang tergantung di pagar jembatan. Gembok-gembok tersebut bukanlah gembok biasa, tetapi simbol pengharapan cinta abadi. Pada perayaan valentine biasanya banyak pasangan kekasih yang menguncikan gembok cinta mereka di sana.
Konstruksi paling mencolok adalah tiga lengkungan besi yang indah di atas jembatan dan portal dengan menara besar dibangun di kedua sisi jembatan, serta dihiasi patung-patung kaisar menunggangi kuda. Ketika malam tiba, Hohenzollenbrücke terlihat menawan dengan permainan cahaya lampu. Lokasinya yang dekat dengan landmark Katedral Köln menjadikann jembatan ini sebagai objek yang paling sering difoto dan tempat selfie favorit para turis.