33-3
Pantai tak dapat dilepaskan dari daya tarik Spanyol. Ribadeo, sebuah kota di Provinsi Lugo, Galicia, menyimpan pesona pantai yang berbeda dari pantai-pantai Mediterania Spanyol. Susunan tebing batunya memanjakan ribuan pasang mata pengagum alam.
33-5Playa de las Catredales di Ribadeo memang berbeda. Pantai ini berada di pesisir Atlantik yang memberikan perbedaan dengan pantai di pesisir Mediterania. Jadi jangan membayangkan pantai klasik dengan pasir putih, air berwarna biru toska, dan ditepiannya berjajar bar. Pantai Samudera Atlantik ini memiliki tipikal angin kencang, ombak besar, perairan yang dingin, dan formasi tebing batu yang begitu indah. Keberadaan tebing batuan ini tidak memungkinkan pengunjung untuk snorkeling maupun surfing.
Saat yang tepat untuk menikmati keindahan pesona Ribadeo ini adalah ketika air surut. Saat itu pengunjung dapat melihat dan juga memotret keindahan tebing batu dari bawah.  Formasi batuan raksasa itu berjajar, beberapa diantaranya memiliki lubang berbentuk seperti pintu dengan lengkungan indah. Lengkungan artistik itu merupakan bentukan alami dari proses pengikisan batu oleh angin dan air asin. Pengunjung juga dapat mengeksplorasi beberapa grotto atau gua kecil. Di saat air pasang gua tersebut akan dibanjiri air dan ombak ganas yang menghempas didalamnya. Pada saat itu juga kita hanya akan melihat sebuah pantai yang kecil, tetapi kita masih bisa berjalan di atas tebing batu dengan memandang ke arah Samudera Atlantik.
33-2Untuk berjalan-jalan di pantai sekaligus menikmati formasi tebing batu dari bawah saat air surut, Anda dapat menuruni tangga yang akan membawa ke area pasir yang selalu kering meski air pasang. Setelah itu kita dapat mengeksplorasi setiap tebing batu beserta grotto-nya. Di As Catredais –sebutan dalam bahasa lokal– sudah tersedia fasilitas penjaga pantai. Restoran dan toko-toko cinderamata juga dapat ditemukan tak jauh dari lokasi pantai. Sebelum berangkat ke tempat cantik ini, sebaiknya calon pengunjung melihat informasi mengenai jadwal air surut di situs Playa de las Catredales.