www.en.wikipedia.org

Panorama Sungai Rhein yang membelah kota Köln memang mengundang decak kagum banyak wisatawan. Dengan mengarungi sungai menggunakan perahu kita dapat menikmati pemandangan luxus tersebut. Tapi ada cara yang lebih murah dan mudah dari naik kapal, yaitu dengan menggunakan fasilitas Kölner Seilbahn.

www.holidaycheck.de

Kölner Seilbahn adalah cable car atau kereta gantung di kota Köln, Jerman. Kendaraan tersebut merupakan salah satu transportasi andalan, menghubungkan tepi barat dan timur Sungai Rhein atau dari Rheinpark menuju Kölner Zoo. Kölner Seilbahn merupakan kereta gantung pertama di Jerman dan Eropa yang menyeberangi sungai. Pada 26 April 1957, gondola tersebut mulai dibuka untuk umum. Pembukaannya kala itu adalah untuk menyambut Bundesgartenschau atau Pameran Hortikultura. Presiden Jerman, Theodor Heuss, dan mantan wali kota Köln yang naik jabatan menjadi kanselir Jerman, Konrad Adenauer, merupakan orang pertama yang menumpangi Kölner Seilbahn.
Sejak pertama kali diresmikan, kereta berkapasitas empat tempat duduk itu sudah mengangkut lebih dari 17 juta penumpang. Meski sudah berusia tua, tetapi fasilitas keamanannya pun selalu diupgrade tanpa menghilangkan sentuhan vintage pada eksterior maupun interiornya. Kölner Seilbahn termasuk salah satu transportasi paling aman di kota Köln yang dapat dinikmati siang hingga malam. Penumpang akan diajak bergelantung selama 10 menit di atas Sungai Rhein, menikmati panorama tepiannya yang rimbun pepohonan, melihat katedral raksasa Kölner Dom menjulang di kejauhan, Hohenzollern Brücke, dan Zoo Brücke. Dari atas kita juga akan menikmati pemandangan taman cantik Rheinpark, melewati pemandian air panas Claudius, hingga ke salah satu kebun binatang tertua di Jerman milik kota Köln. Bagi yang berwisata bersama pasangan, jangan lewatkan kesempatan romantis dengan memandangi indahnya matahari terbenam dari atas Kölner Seilbahn.