myparisianlife.com
Selain menawarkan pesona Maison Victor Hugo dan Maison de Balzac, Paris memiliki sebuah museum sastra lain bernama Musee de la Vie Romantique yang dikenal luas dengan sebutan Museum of Romantic Life. Awalnya, museum cantik ini dikenal sebagai Musee Renan-Scheffer. Salah satu ikon wisata Paris ini terletak di kaki bukit Montmartre yang indah, di kawasan Arrondissement ke-9, Paris. Museum Romantic ini berdekatan dengan sebuah tempat wisata terkenal di Paris, Basilica Secre Coeur. Sebuah basilika unik yang tak pernah berubah warna dari waktu ke waktu karena dibangun menggunakan batu khusus bernama Chateau Landon. Jika terjadi hujan, batu tersebut akan mengeluarkan zat kapur yang berfungsi sebagai pemutih sehingga warna basilika ini tetap putih bersih hingga kini.
Paviliun utama bangunan museum dibangun pada tahun 1830. Properti apik ini pada dasarnya dibangun untuk seorang pelukis bernama Ary Scheffer. Ia adalah salah satu seniman terkemuka di jamannya. Ary Scheffer juga sangat dihargai oleh keluarga besar King Louis Philippe. Tempat ini digunakan secara turun-temurun oleh keluarga Scheffer, hingga pada tahun 1982 museum bangunan kuno ini akhirnya dialih fungsikan menjadi museum yang dikenal sebagai Musee Renan-Scheffer. Tempat ini kemudian diambil alih oleh Kota Paris untuk dijadikan sebagai houses a literally museum. Setelah direnovasi, akhirnya museum ini dibuka kembali pada tahun 1987 dengan nama baru yaitu Musee de la Vie Romantique.

 www.fotopedia.com
Tidak seperti dua museum sastra lainnya, Maison de Balzac dan Maison Victor Hugo yang masing-masing didedikasikan untuk seorang sastrawan, Honore de Balzac dan Victor Hugo, Musee de la Vie Romantique didedikasikan untuk tiga tokoh sekaligus, yaitu artis Ary Scheffer, penulis romantis George Sand serta seorang filsuf dan penulis Ernest Renan. Jadi jika Anda merupakan penggemar karya tiga sastrawan terkenal ini, berkunjung ke Musee de la Vie Romantique saat berlibur di Paris adalah hal yang wajib dilakukan. Museum sastra kebanggaan warga Paris ini terletak di Hotel Scheffer-Renan, 16 Rue Chaptal 75009, Paris.