Posted by : Unknown Senin, 16 Maret 2015



www.panoramio.com
Kereta merupakan transportasi favorit di Eropa, termasuk Belanda. Meski lebih dikenal dengan transportasi airnya, Belanda memiliki museum nasional yang menceritakan sejarah perkembangan kereta di negeri bunga tulip. Tak seperti museum biasa, museum kereta Spoorwegmuseum di Utrecht menghadirkan suasana petualang yang sangat menghibur.
www.puurfeesten.nl
Museum kereta di Utrecht awalnya hanya berupa pameran temporer yang digelar tahun 1927 untuk melestarikan alat-alat kereta bersejarah milik negara. Kemudian pameran tersebut dipermanenkan tahun 1954 dan menempati Stasiun Maliebaan yang sudah lama ditutup. Setelah renovasi besar-besaran yang berlangsung tahun 2002 – 2005, Spoorwegmuseum kini dilengkapi fasilitas modern yang lebih interaktif dan dekorasi abad 19 yang menawan. Hasil renovasi tersebut berhasil menyedot 350.000 pengunjung setiap tahunnya.
Spoorwegmuseum membagi pamerannya ke dalam 5 tema yang disebut ‘5 Lands’. Kelimaya membawa pengunjung menuju kilas balik perkembangan kereta Belanda dan kereta mewah yang digunakan anggota kerajaan. Di Land 1-The Discovery pengunjung akan diajak kembali ke tahun 1800an saat tenaga uap mulai digunakan sebagai penggerak kereta. Land 2-Dream Journeys adalah perkembangan kereta pada abad 19. Saat itu berpergian ke tempat jauh dengan menggunakan kereta mewah dan pelayanan kelas atas adalah sebuah gaya hidup. Orient Express adalah salah satu kereta terbaik pada zamanna yang mengantarkan penumpang dari Paris menuju Konstantinopel (Istanbul) atau ke Kairo di Mesir. Anda akan berkendara bersama keluarga Gommers yang sebanyak 3 generasi bekerja di bidang kereta api di Land 3-Steel
www.behindthelenscap.nl
Monster melalui lorong-lorong gelap dan melihat kereta uap raksasa dari dekat. Sebuah pameran besar mengenai kereta dan lokomotif uap hingga diesel dari akhir abad 19 dan awal abad 20 bisa dikunjungi di Land 4-The Workshop. Terakhir adalah Land 5-Fire Test, memperlihatkan pengalaman para pengguna kereta dan dampaknya pada kehidupan ekonomi, sosial, hingga perkembangan teknologi kereta itu sendiri.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Blog Archive

Popular Post

©2014 Andhira Dwi Meliana All Right Reservied . Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © ANDHIRA DWI MELIANA -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -